Kamis, 11 Mei 2023

Jangan keraskan hati!

 Shallom keluarga kerajaan Allah dimanapun berada! Damai sejahtera dan kehidupan hendaknya selalu ada bagi kita! Haleluya!

Dalam banyak perumpamaan Yesus sering menyebutkan bahwa hati manusia seperti tanah.. Pada kenyataannya tanah adalah elemen terbaik dan utama dimana biji-bijian berbagai macam tumbuhan bisa tumbuh dan berkembang bahkan berbuah..

Yeremia 17:9-10 (TB)  Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya? Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya." 

Ibrani 3:7-11 (TB)  Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun, di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya. Itulah sebabnya Aku murka kepada angkatan itu, dan berkata: Selalu mereka sesat hati, dan mereka tidak mengenal jalan-Ku, sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku." 

Sebaliknya apabila hati kita keras maka tidak ada Firman, penyataan dan benih ilahi yang Tuhan bisa hidup, tumbuh bahkan berbuah dalam hidup kita! Mari bertobat bersama, Tuhan ingatkan hari ini bahwa kita tidak boleh mengeraskan hati kita terhadap proses Tuhan, terhadap teguran Tuhan, terhadap hubungan dengan keluarga rohani kita, tidak boleh mengeraskan hati terhadap pernyataan2 Tuhan, supaya kita bisa terus bertumbuh sehat dalam Dia!

Yesaya 6:9-10 (TB)  Kemudian firman-Nya: "Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan! Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh." 

Orang bisa sama-sama melihat pekerjaan Tangan Tuhan, bisa sama-sama mengalami kedahsyatan Tuhan, bisa sama-sama mendapatkan nubuatan dan janji Tuhan, tetapi kenapa hasilnya buahnya dalam kehidupan bisa berbeda? Ternyata respon hati kita yang menentukannya!

Sangat penting untuk menjaga hati kita, caranya adalah terus membasahi hati kita dengan perjumpaan dengan Dia setiap hari!

Yehezkiel 36:25-26 (TB)  Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 

Hanya perjumpaan dan pengenalan akan Tuhan lah yang terus bisa menjaga hati kita sehingga tetap lembut dan siap menerima semua benih ilahi yang Tuhan mau berikan!

Semoga memberkati, Gbu all! (PR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar