Rabu, 02 Desember 2020

Tidak ada yang tidak penting!

Shallom keluarga Kerajaan Allah dimanapu  berada! Puji nama Tuhan kita dapat bertemu, walaupun tidak langsung bertatap muka, tapi melalui media ini! Kasih Allah kiranya ada atas kita semua! Biar anugerahNya dicurahkan melimpah atas kita! Haleluya!
Hari ini saya akan berbagi di dalam

"Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari kita yang melayani jemaat di Kengkrea,
supaya kamu menyambut dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.
Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus. Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.
Salam juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam kepada Epenetus, saudara yang kukasihi, yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus.
Salam kepada Maria, yang telah bekerja keras untuk kamu. 
Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.
Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan. 
Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis, yang kukasihi. Salam kepada Apeles, yang telah tahan uji dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.
Salam kepada Herodion, temanku sebangsa. Salam kepada mereka yang termasuk isi rumah Narkisus, yang ada dalam Tuhan.
Salam kepada Trifena dan Trifosa, yang bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Persis, yang kukasihi, yang telah bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan.
Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.  
Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka.
Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.
Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus. 
(Roma 16:1-16)

sebelum era digital begitu booming seperti sekarang, media informasi masih terbatas, salah satu yang sangat hits adalah penggunaan radio. Dan yang paling terkesan pada waktu itu adalah ketika kita (saya) pulang sekolah, maka semua akan mulai mendengarkan siaran yang berisi tentang musik, dan di dalamnya, diantara diputarnya lagu-lagu yang diminta (request) via sms dan telepon, di sana biasanya ada salam-salam, dari siapa kepada siapa, pesannya apa seperti itu. Menurut saya ini adalah sesuatu yang mengasyikan, bahkan dulu salah satu yang sangat ditunggu-tunggu, kenapa karena ada rasa senang ketika nama kita ada di dalam salam itu, karena radio ini didengarkan 1 kota, bahkan bisa sampe kota lain.. haha
Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan, ketika saya membaca surat paulus ini, terutama di pasal 16, awalnya saya hanya baca sepintas, tetapi tiba-tiba beberapa waktu ini, ayat ini seperti melompat, dan Roh Kudus seperti sedang berbicara sesuatu dengan saya..
Ya! Tentang bagaimana paulus mengakui keberadaan (walaupun saya tahu mungkin orang-orang yang disebut paulus ini tidak begitu memikirkan atau menginginkan hal ini), mengasihi dan memberikan penghormatan kepada orang - orang yang berjuang bersama di dalam Tuhan!
Yang menakjubkan juga adalah, hampir semua nama yang disebutkan oleh paulus selalu ada cerita atau sesuatu yang sudah mereka kerjakan bagi Tuhan dan jemaat yang ada! Wow! Bagaimana mungkin paulus yang memiliki banyak jadwal pelayanan bisa mengingat orang per orang dengan semua perbuatan baiknya, baik untuk Tuhan, dirinya, maupun tugas pelayanan jemaat! Amazing!
Sewaktu saya membaca ini, ada seperti suara yang mengingatkan saya tentang bagaimana sikap saling menghormati, saling mengasihi, saling mengingat kebaikan ini adalah hal yang penting dalam hal membangun Tubuh Kristus, keluarga orang percaya! 

Roma 12:9-13 (TB)  Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. 
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. 
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. 
Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 
Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan! 

Filipi 2:2-4 (TB)  karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan,
dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;
dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

Banyak orang (bahkan kadang saya sendiri) , seringkali memandang rekan satu pelayanannya bukan hal yang positif, tetapi yang negatif, kekurangannya, masalahnya dll
Saudara-saudara yang terkasih di dalam Tuhan Yesus, hari ini saya mau mengajak kita semua mari bertobat bersama, dan mulai mengasihi, menghormati orang2 yang telah berjerih lelah bersama (baik dalam satu pelayanan dengan kita ataupun tidak) melayani Tuhan dan jiwa2..
Di tengah pesan ini tiba2 saya diingatkan juga sewaktu saya mendapat impresi dari Tuhan tentang bagaimana Tuhan seperti sedang membuka KK (Kartu keluarga), dimana semua orang yang mau menerima Yesus, mau memberikan diri untuk-Nya bisa masuk di dalamnya! Tinggal kita mau atau tidak! Abraham lincoln pernah berkata bagus sekali, "yang saya khawatirkan bukanlah apakah Tuhan di pihak saya atau tidak, tetapi apakah saya di pihak Tuhan atau tidak, karena Tuhan selalu benar".

Efesus 2:19 (TB)  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,

Tuhan juga mengingatkan kepada saya melalui roma 16 tadi, tentang bagaimana tidak ada pelayanan yang tidak penting, semua pelayanan diperhitungkan Tuhan, tidak dilupakan, jadi sekecil apapun yang kita kerjakan untuk Tuhan dan jiwa2, itu Tuhan ingat, dan sangat berharga.. paulus saja bisa mengingatnya, sy percaya Tuhan disenangkan dengan apa yg kita kerjakan dengan sepenuh hati..

Jadi mari kita masuk dalam rencana Tuhan, berjalan bersama Dia, selaras dengan kehendak Tuhan dan TubuhNya!
Gbu all!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar